Jangan Takut Operasi Ambeien, Begini Pengalaman Warga Garut

wasir (ambeien) (Foto shutterstock)
wasir (ambeien) (Foto shutterstock)
0 Komentar

Namun hal ini wajar saja, karena setiap operasi apapun, akan merasakan hal yang sama ketika efek obat biusnya hilang. Namun yakinkan bahwa dokter tidak akan membiarkan kita menderita, karena biasanya pasien operasi akan diberikan kembali obat pereda nyeri. Dengan obat pereda nyeri itulah, rasa sakit perlahan akan hilang.

” Biasanya rasa sakit yang luar biasa itu hanya dirasakan satu malam saja, ketika efek bius itu hilang. Kemudian di hari kedua kita akan kembali diberikan obat pereda nyeri sampai beberapa hari ke depan, dan rasa nyeri itu perlahan hilang. Ke sananya rasa nyeri itu akan biasa saja, akan normal saja,” ujarnya.

Selain itu rasa nyeri juga biasanya akan dirasakan ketika pasien pasca operasi wasir buang air besar. Terutama ketika buang air besar pertama setelah pasca operasi. Rasa nyeri ini tentu akan dirasakan dan hal itu wajar. Terutama ketika feses yang dikeluarkan keras.

Baca Juga:Polisi Sempat Menawarkan Otopsi Saat Jenazah Yogi Ditemukan di Sungai, Begini Respon Awal KeluargaUu Ruzhanul Ulum Minta Bupati dan Wali Kota Prioritaskan Tenaga Honorer jadi PPPK

Maka dari itu biasanya dokter akan menganjurkan makan makanan yang lunak dan banyak serat seperti sayur sayuran dan buah buahan. Di samping itu dokter juga biasanya akan memberikan obat pencahar agar feses menjadi lunak. Hal ini akan sangat membantu agar pasien tidak merasakan nyeri saat buang air besar.

” Yang terpenting kita harus mengikuti setiap anjuran dokter. Makan makanan yang lunak seperti bubur dan sayur-sayuran juga buah-buahan. Kalau saya dianjurkan banyak makan buah pepaya,” ujarnya.

Bersihkan Area Anus Sesering Mungkin

Perawatan pasca operasi adalah satu hal terpenting untuk kesembuhan pasien pasca operasi wasir. Dokter biasanya akan menyarankan untuk membersihkan bekas luka di bagian anus sesering mungkin.

Untuk membersihkan bagian luka di anus pasca operasi pun tidak begitu sulit, cukup dengan menggunakan air mineral dicampur betadine.

Memelihara luka pasca operasi merupakan bagian terpenting agar proses penyembuhan berjalan cepat.

Butuh Perjuangan dan Pengorbanan Waktu

Operasi wasir (ambeien) memerlukan perjuangan dan pengorbanan waktu yang tidak sebentar. Untuk masa penyembuhan pasca operasi memang relatif. Setiap orang tidak akan sama. Namun rata-rata setidaknya akan membutuhkan waktu 4 minggu agar bisa beraktivitas normal. Karena itu kita butuh pengorbanan waktu dan anda harus menyiapkan cuti dan izin yang cukup kepada perusahaan atau instansi tempat bekerja.

0 Komentar