Ridwan Kamil Puji Warga Sukabumi, Mampu Pertahankan Budaya Leluhur

RIdwan Kamil Gubernur Jawa Barat puji warga Sukabumi yang mampu mempertahankan budaya leluhur
RIdwan Kamil Gubernur Jawa Barat puji warga Sukabumi yang mampu mempertahankan budaya leluhur
0 Komentar

Marwan membeberkan, Kabupaten Sukabumi memiliki komunitas adat tradisional yang masih mempraktekkan nilai nilai tradisi saat ini, diantara kasepuhan gelar alam, kasepuhan sirna resmi, dan kasepuhan ciptamulya. Kasepuhan adat tersebut harus terus di jaga dan di lestarikan bersama, agar bisa menjadi modal budaya untuk pengembangan jati diri dan penguatan karakter kepribadian masyarakat Kabupaten Sukabumi Dan Bangsa Indonesia.

“Di tahun 2022 Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga melalui bidang kebudayaan telah mengajukan WBTB yang berkembang dari Kabupaten Sukabumi untuk dapat ditetapkan menjadi WBTB Jawa Barat yang diajukan ke Nasional. WBTB tersebut diantaranya nyimur, mipit pare banten kidul, gacle, gekbreng, dan seren taun girijaya,” ungkapnya.

https://www.youtube.com/watch?v=YEtUHaaDL8Q&ab_channel=HarianPagiRadarGarut

Baca Juga:BRI Terima Penghargaan Dealer Utama Terbaik 5 Tahun Berturut-turut, Karena Kinerja Terbaik Serap SBNBRI Berikan Bantuan ke Sekolah Anak Jalanan di Momen Hari Ibu

Ia menerangkan, Apabila cagar budaya ini dikelola dengan baik oleh orang orang yang amanah, maka aset bangsa dan negara di daerah bisa tetap lestari diyakini juga memiliki multiplier effect yang sangat besar terhadap peradaban masyarakat di daerah, sehingga perkembangan laju roda perekonomian masyarakat akan semakin dinamis.

“Hingga kini Kabupaten Sukabumi belum memiliki museum kebudayaan dan pusat kebudayaan. Oleh karena itu, saya berharap dukungan yang kuat dari pemerintah daerah dan provinsi dapat mewujudkan hal itu. Sebab museum dan pusat kebudayaan ini akan menjadi sumber informasi pengetahuan sekaligus sebagai langkah penting dalam pelestarian kebudayaan,”bebernya

Dalam kesempatan tersebut dilakukan Penyerahan sertifikat WBTB dari Gubernur Jawa Barat kepada Bupati .

Ridwan Kamil Puji Warga Sukabumi, Mampu Pertahankan Budaya Leluhur

0 Komentar