Pemandian Air Panas Garut, Dapat Menyembuhkan Penyakit Kulit

Pemandian air panas di kawasan Darajat. Kolam pemandian air panas di Darajat diambil dari air kawah gunung (dok Radar Garut)
Pemandian air panas di kawasan Darajat. Kolam pemandian air panas di Darajat diambil dari air kawah gunung (dok Radar Garut)
0 Komentar

Selain itu berendam di air belerang juga bisa menyembuhkan sakit kulit seperti panu, gatal-gatal karena alergi dan gangguan kulit lainnya.

Hal itu karena belerang mempunyai sifat keratolytic yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati serta antimicrobial yang berfungsi melawan bakteri dan meredakan inflamasi pada kulit.

2. Belerang Melancarkan Aliran Darah

Berendam di air mengandung belerang juga diyakini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Bahkan di beberapa negara, ritual berendam air belerang menjadi salah satu ritual yang wajib dilakukan.

Baca Juga:6 Pantai di Garut, Wisatawan Selalu Kangen Ingin KembaliWarga Cianjur Dengar Dentuman dan Gemuruh Saat Gempa

Misalnya adalah negara Jepang. Orang Jepang meyakini berendam di air belerang dapat melancarkan aliran darah dan juga sebagai sarana relaksasi setelah habis bekerja.

3. Air Mengandung Belerang untuk Relaksasi

Tekanan pada air mengandung belerang bersuhu panas juga dapat memberi efek positif pada otot dan persendian. Dan apabila dilakukan secara rutin, maka berendam di air belerang dapat melancarkan sirkulasi darah, membuat stamina tubuh lebih tangguh dan tidak cepat lelah.

Secara medis ditemukan pula manfaat berendam air belerang terutama merendam kaki, dapat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu.

Bahkan bagi mereka yang mempunyai gangguan kesehatan susah tidur atau insomnia, maka merendam kaki di air belerang dapat membuat tidur menjadi lelap.

Dampak Negatif Berendam di Air Belerang

Namun demikian, jika digunakan terlalu berlebihan atau terlalu lama, air mengandung belerang juga memiliki dampak negatif. Anda harus mengetahui apa itu dampak negatifnya agar tidak salah menggunakan air belerang.

Diantaranya jika berendam terlalu lama di air mengandung belerang, maka pori-pori kulit menjadi lebih besar. Hal ini justru dapat membuat masuk angin dan mengiritasi kulit.

Maka dari itu sahabat Radar Garut yang sudah berendam di air belerang, hendaknya membilas atau membasuknya dengan air bersuhu netral.

Baca Juga:Setelah Dibunuh, Jasad Wanita asal Cirebon Dibakar SuaminyaWarga Cirebon Bunuh Istri Gara-gara Selalu Jadi PL Karaoke

Dimana Saja Pemandian Air Panas di Garut?

1. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas di kawasan Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut merupakan yang paling terkenal sejak dulu. Seperti diulas di awal, pemandian ini jauh hari sudah terkenal sebelum melejitnya pemandian Darajat.

0 Komentar