Alun-alun Garut Makin Instagramable, Tempat Ikonik yang Diapit Masjid dan Penjara

alun alun garut
alun alun garut
0 Komentar

 

Selain itu kawasan tersebut juga dilengkapi toilet, jalur tracking atau jogging, tempat main anak, amphitheater, pusat baca alias perpustakaan, pencahayaan cukup terang ketika dikunjungi malam hari.

Dan jika anda ingin melaksanakan ibadah, bagi umat muslim lokasi alun-alun Garut ini persis menempel dengan Masjid Agung Garut yang menjadi salah satu ikon bangunan yang ada di daerah tersebut, tepatnya di sebelah timur.

Selain Masjid Agung, jika anda menengok ke sebelah barat maka anda akan melihat lokasi Alun-alun Garut juga diapit atau berdekatan dengan Lembaga Pemasyarakatan Garut alias Penjara.

Baca Juga:Identitas Negara Maroko, Mulai dari Agama Resmi dan Mayoritas Hingga Peringkat Kelima Ekonomi di AfrikaJadwal SIM Keliling Garut Ada di Alfamidi Cibatu Hari Ini Rabu 7 Desember 2022

Selain menikmati suasana Alun-alun, anda juga bisa melihat salah satu bangunan bersejarah yakni Babancong yang ada di jalan kabupaten.

Babancong ini dulunya dipakai untuk tempat bermain anak-anak petinggi di zaman kolonial dan karesidenan.

Semakin kesini, Babancong juga pernah dipakai sebagai tempat orasi Proklamator Kemerdekaan RI sekaligus Presiden Pertama Ir. Soekarno.

Sedangkan fungsi Babancong saat ini kerap dijadikan podium Pimpinan Daerah ketika ada acara-acara besar dan bersifat formal.

Meski sudah direvitalisasi, namun pepohonan disana masih terlindungi tidak ada yang ditebang satu pohon pun.

Pohon yang diperkirakan berusia puluhan hingga ratusan tahun masih berdiri kokoh sampai saat ini dan menjadi saksi kenangan jutaan umat yang mengukir ceritanya di Alun-alun Garut.

Akses ke Alun-alun Garut sangat mudah, sejumlah trayek angkutan kota nyaris melintasi jalan yang meliputi Alun-alun Garut. (*)

0 Komentar