Lirik Lagu Kebaya Merah Karya Iwan Fals, Chord Gitarnya Gampang Dimainkan

Lirik Lagu Kebaya Merah Karya Iwan Fals, Chord Gitarnya Gampang Dimainkan
Penyanyi kawakan Indonesia Iwan Fals.-Instagram/@iwanfals-Foto: Claudia Dian
0 Komentar

Bagian depan diamankan dengan kancing, pin, atau bros.

Sedangkan pakaian bagian bawah untuk pakaian ini biasanya dikenal sebagai sarung, kemben atau sepotong kain panjang yang dililitkan di pinggang dan dapat berupa batik, ikat, songket atau tenun.

Kebaya secara resmi diakui sebagai pakaian nasional dan juga ikon busana Indonesia, meskipun penggunaan kebaya hanya dipakai oleh Jawa, Sunda dan orang Bali secara berkala.

Di Malaysia, Singapura, dan Brunei, kebaya diakui sebagai salah satu pakaian etnis terutama di kalangan komunitas etnis Melayu dan Peranakan, dan kebaya biasanya dikenal di wilayah ini sebagai ‘sarung kebaya’ yang berasal dari penamaan komponen lengkapnya.

Baca Juga:Kondisi Terkini Eks PM Pakistan Imran Khan Usai Ditembak dalam Aksi Demo di KarachiRivalitas Bagnaia dan Quartararo Terekam Sejak MotoGP Qatar, Penentuan Juara di Sirkuit Ricardo Tarmo Valencia

Sementara, gaya sarung kebaya bervariasi antara satu tempat dengan tempat lainnya didalam cangkupan wilayah tersebut.

Kebaya telah menjadi ikon mode Asia Tenggara, dengan banyak maskapai penerbangan berbendera Asia Tenggara termasuk Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Royal Brunei Airlines, dan Garuda Indonesia telah mengadopsi pakaian tradisional ini sebagai seragam untuk pramugari perempuan maskapai tersebut.

Ada kemungkinan besar bahwa asal-usul kebaya berasal dari Timur Tengah dikarenakan komposisi akar budayanya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya keterkaitan kebaya dengan qaba dari Arab yang merupakan sejenis jubah panjang kendur yang dikemukakan oleh orientalis Henry Yule dan Arthur Burnell pada tahun 1886.

Deskripsi rinci dari cabaya dapat dilihat pasa kamus abad ke-19 Hobson-Jobson.

Selain itu, dalam kamus Anglo-India, cabaya merupakan sebuah kata dengan asal-usul dari Asia dan bermakna sebuah helai penutup dari tunik panjang yang dikenakan oleh orang India kelas atas.

Istilah ini kemungkinan diperkenalkan oleh bangsa Portugis yang pernah singgah di sub-benua India.

Baca Juga:Mayat Pria yang Sudah Membusuk Ditemukan Warga di Dalam Sumur di Curug TangerangWanita Kebaya Merah Diduga Terindikasi Melecehkan Agama, Sengaja Kenakan Pakaian Adat Bali?

Terdapat juga banyak catatan sejarah yang dipublikasikan oleh orang Portugis pada abad ke-16 dan ke-17 yang mencatat bahwa caba, cabaya, dan cabaia sebagai jubah panjang Muslim yang dikenakan oleh kelas penguasa India serta Timur Tengah.

Penggunaan pertama dari bahasa ini digunakan oleh Fernão Mendes Pinto saat dia singgah di India pada tahun 1540-an.

0 Komentar