Asal Gunung Ciremai Dulu Bernama Gunung Gede Diganti Wali Songo

Asal Gunung Ciremai Dulu Bernama Gunung Gede Diganti Wali Songo
Asal usul nama Gunung Ciremai yang dulu konon bernama Gunung Gede karena ukurannya yang sangat besar. -Yuda Sanjaya-Radarcirebon.com
0 Komentar

Hampir semua dari penduduk setempat waktu itu tidak bisa menerima hadirnya agama Islam mereka tetap pada keyakinannya.

Selain itu pula sebenarnya mereka merasa takut untuk berhadapan dengan kesaktian Para Wali.

Sehingga dengan serempak mereka melarikan diri dengan menggunakan bermacam macam ilmu kemampuannya.

Baca Juga:Kejari Tahan Tersangka Dugaan Korupsi Proyek Peningkatan Jalan Keboncau – KudangwangiUsia Pelaku Bullying Anak SLB di Cirebon Ternyata Berusia 15 Tahun

Ada yang berubah wujud agar tidak kelihatan sebagaimana manusia biasa (Mokswa, Tilem) atau meninggalkan desa masing-masing dengan tujuan untuk bersembunyi.

Konon katanya sejak itulah Desa Gede dikenal dengan nama Desa Linggajati atau Linggarjati dan Gunung Gede sejak itu pula lebih dikenal dengan nama Gunung Cereme.

Yang diambil diambil dari kata Mangcereman (Musyawarah) dan pada masa penjajahan Belanda Gunung Cereme di populerkan dengan nama Gunung Ciremai.

Seperti diketahui, gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Kini Gunung Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

Versi lain, nama gunung ini berasal dari kata cereme (Phyllanthus acidus, sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rasa masam).

Hanya saja sering kali disebut Ciremai, suatu gejala hiperkorek akibat banyaknya nama tempat di wilayah Pasundan yang menggunakan awalan ‘ci-‘ untuk penamaan tempat.

Baca Juga:Joko Kendil Tertangkap Basah Saat Subuh Katanya Naik Macan Putih?Penodong Ibu Hamil Diduga Gila, Penodong Akan Di Kirim ke Rumah Sakit Jiwa

Demikian asal usul nama Gunung Ciremai dalam beberapa versi. Yang juga tidak lepas dari kisah para wali.

Laman:

1 2
0 Komentar