Rencanakan Bertemu Kapolres dan Kajari, DPC LPM Tarogong Kidul Hasilkan 4 Poin Penting

Rencanakan Bertemu Kapolres dan Kajari, DPC LPM Tarogong Kidul Hasilkan 4 Poin Penting
DPC LPM Tarogong Kidul lakukan rapat konsoldasi
0 Komentar

GARUT – DPC Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, menghasilkan empat poin penting dari rapat konsolidasi yang dilaksanakan Minggu malam (19/6).

Ketua DPC LPM Tarogong Kidul, ustadz Budi Ocong menjelaskan, empat poin penting itu diantaranya membahas permasalahan strategis di tengah masyarakat.

Diantaranya, pertama adalah meningkatkan kapasitas kelembagaan LPM. Contohnya adalah mengkaji regulasi-regulasi yang baru, terkait ke-LPMan, juga regulasi lain yang berhubungan dengan kerja LPM.

Baca Juga:Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Bersama Mamat Anggota DPRD Kunjungi Korban Kebakaran di Desa SamarangTingkatkan Daya Saing, BRI Konsisten Perkuat Transformasi Digital

” Regulasi-regulasi baru kita kaji bersama, alhamdulillah di samping dengan semua unsur DPC kita juga ada kawan-kawan saya tadi via video call, dibantu dengan bapak-bapak doktor pejabat publik Jabar. Namanya tidak perlu saya sebutkan,” ujarnya.

Poin kedua lanjut Budi, adalah meningkatkan kemampuan LPM dalam melakukan social control dan investigasi permasalahan yang ada di wilayah Tarogong Kidul.

Kemampuan social control seorang LPM ini dirasa sangat penting karena tugas LPM tidak hanya dalam pembangunan infrastruktur, tapi juga membantu permasalahan di masyarakat.

Misalnya kata Budi, seperti yang telah dilakukan sebelumnya yaitu membantu mediasi keterlambatan insentif BPJS nakes di RSUD dr. Slamet Garut. Dimana pihak manajemen RSUD sempat terlambat beberapa bulan dalam membayar insentif tersebut.

Kemudian poin ketiga, LPM Tarogong Kidul, akan melakukan silaturahmi dengan Kapolres Garut, Kajari Garut dan juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut.

” Tadi saya sudah koordinasi dengan pak Kapolres Garut melalui KBO Intel via telpon, surat sudah disiapkan. Kedua Kajari saya sudah koordinasi dengan Kasi Intel. Begitu juga dengan DPMD koordinasi dengan Pak Sekdis Rena,” ujarnya.

Kemudian lanjut Budi, poin keempat, LPM Kecamatan Tarogong Kidul harus membangun sinergitas dan kondusifitas dengan OKP, Ormas dan LSM di Tarogong Kidul. LPM harus menjadi lembaga yang bisa merangkul seluruh ormas, LSM dan OKP di Kecamatan Tarogong Kidul. (fer)

0 Komentar