Buntut Perselisihan Dengan Imigrasi, Diplomat Nigeria Dipulangkan

Buntut Perselisihan Dengan Imigrasi, Diplomat Nigeria Dipulangkan
pixabay
0 Komentar

JAKARTA – Menteri Luar Negeri, Nigeria Geoffrey Onyeama mengaku telah memulangkan sementara Duta Besar untuk Indonesia, Ari Usman Ogah, pasca insiden kekerasan yang melibatkan petugas imigrasi di Jakarta pada pekan lalu.

“Pemerintah memulangkan sementara sang duta besar untuk melakukan konsultasi tingkat tinggi mengenai masalah yang menyebabkan perselisihan di Jakarta,” kata Onyeama dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (12/8/2021).

Menurut Kementerian Luar Negeri Nigeria, insiden itu melanggar hukum internasional dan Konvensi Wina terkait hubungan Konsuler dan Diplomatik Antar Negara.

Baca Juga:Kemensos: Anggaran Beras PPKM Capai Rp3,54 TriliunBuruan Cek, Subsidi Gaji Rp.1 Juta Cair, Cek Disini….

“Pemerintah Nigeria juga meminta pemerintah Indonesia memberi sanksi yang berat dan pantas untuk petugas imigrasi yang terlibat dalam tindakan tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemenlu Nigeria menyatakan mengecam insiden itu seraya mengatakan kejadian itu tidak dapat diterima dan disayangkan.

“Pemerintah Nigeria telah mengecam keras kepada pemerintah Indonesia, dan Duta Besar Indonesia untuk Nigeria dipanggil oleh Menteri Luar Negeri,” demikian isi pernyataan itu.

Dalam pernyataanya, Usman juga membenarkan bahwa pejabat imigrasi Indonesia sudah mengunjungi kantornya untuk meminta maaf.

“Duta besar Indonesia untuk Nigeria juga terus terang meminta maaf atas nama pemerintah RI setelah menjelaskan apa yang terjadi,” punkasnya. (der/fin)

0 Komentar