Pemprov Jabar Akan Bantu Oksigen, Bupati Garut Siapkan Tempat di Pendopo

Pemprov Jabar Akan Bantu Oksigen, Bupati Garut Siapkan Tempat di Pendopo
Bupati Garut Rudy Gunawan (dok Radar)
0 Komentar

GARUT – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan Pemkab Garut saat ini telah menyiapkan tempat di Pendopo untuk dijadikan gudang oksigen. Hal itu dilakukannya karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini telah menyiapkan pasokan oksigen 100 tabung untuk penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Garut.

Rudy mengungkapkan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mem-backup sekitar seribu tabung di tahap awal untuk Garut. “Seribu tabung ini cukup untuk dua sampai tiga hari backup kebutuhan pasien Covid-19 di Garut,” kata Rudy.

Ia menjelaskan bahwa akhir-akhir ini Garut membutuhkan cukup banyak tabung oksigen untuk menangani pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit karena terjadi lonjakan kasus. Setidaknya, dalam satu hari, rumah sakit yang menjadi tempat perawatan membutuhkan 300 tabung oksigen.

Baca Juga:Puluhan Penghuni Rutan Garut Terpapar Covid-19Fogging Desa Karangmulya, Yusuf Minta Masyarakat Patuhi Prokes

Bantuan pasokan oksigen ini menurut Rudy sangat membantu. Oleh karenanya pihaknya telah menyiapkan gudang di Pendopo Garut untuk menjadi tempat penyimpanan tabung oksigen.

“Selanjutnya (dari Pendopo) akan dikirimkan sesuai kebutuhan rumah sakit maupun puskesmas di Garut. Jadi gudangnya khusus tabung oksigen bantuan dari Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Walau dipasok oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, masih ada mekanisme yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Mekanisme tersebut adalah dilakukannya transaksi pembelian sesuai kontrak, setelahnya baru akan dikirimkan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, disebutnya telah menunjuk petugas yang nantinya akan melakukan supervisi atau pendampingan dalam pelaksanaan penanganan Covid-19 di Garut. Mereka tidak hanya bertugas saat PPKM darurat saja, namun keseluruhan apa yang dibutuhkan oleh Garut.

“Termasuk diantaranya kekurangan-kekurangan yang mungkin terjadi di Garut, itu di backup oleh Pak Gubernur,” tutup Rudy. (igo)

0 Komentar