oleh

Prokes Tak Bisa Dilakukan Sendirian

BANDUNG – Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo mengingatkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 tidak bisa dilakukan sendirian. Sebab, manfaatnya tidak akan optimal.

“Saya disiplin, tapi orang di sekitar tidak disiplin. Itu tidak ada gunanya,” tegas Doni usai menghadiri rapat koordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat di Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (28/12).

Menurut Doni, kedisiplinan terhadap protokol kesehatan itu harus dilakukan secara kolektif. Bahkan, protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebelum adanya vaksin yang siap digunakan.

“Disiplin pribadi penting. Tetapi disiplin kolektif akan jauh lebih penting lagi. Karena itu, seluruh pihak wajib menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak),” imbuhnya.

Setiap daerah diminta agar meningkatkan upaya pencegahan mulai dari pengoptimalan Posko Satgas COVID-19 di setiap kabupaten dan kota.

Hal itu, lanjutnya, penting untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sehingga, kawasan yang belum patuh terhadap protokol kesehatan bisa terdeteksi oleh aparat.

“Deteksi kawasan yang belum patuh. Apakah itu terminal, pasar, perkantoran, bahkan di keluarga. Ini semua dibutuhkan kerja sama. Tidak bisa sendirian,” terang Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.(rls/rh/fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *