Garut Selatan Dikepung Bencana, Pemerintah Inventarisir Kebutuhan Warga

Garut Selatan Dikepung Bencana, Pemerintah Inventarisir Kebutuhan Warga
Salah satu rumah warga di selatan Garut yang terdampak longsor (foto : Istimewa)
0 Komentar

Di Kecamatan Cibalong ada tiga desa terdampak banjir ini, yaitu : Desa Karyasari, Desa Sagara dan Desa Mekarwangi. Sedangkan fasilitas umum yang terdampak berupa jembatan rawayan. Di Kecamatan Cikelet, yaitu Kp. Cijambe Desa Cijambe mengalami hal yang sama.

Dari Kecamatan Cisompet dilaporkan

Minggu malam wilayahnya diguyur hujan mengakibatkan ada beberapa titik longsor yang menutup badan jalan provinsi, tepatnya di perbatasan Kecamatan Pameungpeuk – Cisompet dan beberapa titik longsor yang menutup sebagian jalan provinsi di Desa Depok dan Desa Sukanagara, serta satu rumah milik Yongki Reray, tertimpa longsor di Kampung  Ciseupan Desa Cisompet . Meski tidak ada korban jiwa, seisi rumah habis tertimpa bangunan rumah diataranya mobil dan motor.

Dari Kecamatan Pamulihan, kejadian longsor menimpa badan jalan desa di  ruas jalan Cikopo-Pasirlenggut Desa Panawa, terjadi pd hari Senin  sekitar pukul 03.00 WIB. Penyebab kejadian

Baca Juga:Nikita Mirzani Berbalik Tantang Pendukung Puan MaharaniMimpi Guardiola Hanya Messi

Iongsor akibat hujan yang cukup deras dari pukul 19.00 (Minggu) hingga Senin pagi. Arus lalulintas kembali normal berkat kepala desa setempat menggerakkan masyarakt  bergotong royong membuang tumpahan tanah ke jalan.

Dari Kecamatan Peundeuy dilaporkan pula kejadian bencana tanah Iongsor di Kp. Sindang RT 02  RW 02 Desa Peundeuy terjadi subuh pukul 04.30 WIB, diisebabkan hujan deras sejak pukul 23.00 WIB (Minggu), sehingga gorong-gorong jalan kabupaten tersumbat dan air meluap ke badan jalan yang tidak kuat menahan derasnya air tersebut mengakibatkan badan jalan tersebut longsor sepanjang 30 meter dan tinggi 30 meter. Kini, jalan tersebut tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda 4.

Hingga kini Pemkab Garut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut masih melakukan assesment atas dampak yang terjadi. (erf/rls)

0 Komentar