Keutamaan Puasa Arafah, Bisa Menghapuskan Dosa Setahun Lalu dan Akan Datang

Keutamaan Puasa Arafah, Bisa Menghapuskan Dosa Setahun Lalu dan Akan Datang
istimewa
0 Komentar

Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, semoga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51)

Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Dengan besarnya keutamaan puasa Arafah sudah semestinya kita mempraktekannya dan mengajak keluarga atau orang terdekat untuk melaksanakannya. Karena selain kita mendapatkan keutamaan puasa Arafah, kita juga mendapatkan pahala karena telah mengajak orang lain.

Baca Juga:Hadiri Pernikahan Cucu, Warga Majalengka Positif Covid-19Sudah Pernah Coba Kopi Rempah? Kalau Belum Coba ke Kota Tasik

“Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah (harta amat berharga di masa silam, pen).” (Muttafaqun ‘alaih).

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim). (**)

Laman:

1 2
0 Komentar