Objek Wisata Cipanas Kembali Dibuka Pemkab Garut

Objek Wisata Cipanas Kembali Dibuka Pemkab Garut
0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut mulai membuka sejumlah destinasi wisata air (kolam renang) setelah dinyatakan wajib tutup selama tiga bulan lebih akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, para pengelola masih diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, pihaknya sudah membuka industri wisata air pada Sabtu (3/7/2020).

“Bulan Juli 2020 ini Garut sudah bisa membuka wisata dan sudah bisa mempertanggungjawabkan dari sisi penanganan (virus) Korona,” kata Rudy usai meresmikan pembukaan kembali objek wisata air di Sabda Alam Cipanas.

Baca Juga:Gagal Nikahi Pujaan Hati, Video Syur DisebarWarga Desa Leuwigoong Minta Pemekaran, BPD Ajukan ke Bupati Garut

Lanjut Rudy, salah satu alasan kembali dibukanya destinasi wisata yakni untuk menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo bahwa ekonomi harus bergerak salah satunya dari sektor pariwisata.

“Kami mempersilakan (untuk membuka) wisata di Cipanas karena ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan,” jelas Rudy.

Namun diakui Rudy, masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Sehingga ia menekankan agar para pengelola bisa melakukan pengetatan pemberlakuan protokol kesehatan di dalam tempat wisata.

“Kita ingin masyarakat datang ke sini (Cipanas) untuk menggunakan masker, cuma kalau renang gak usah pake masker,” katanya.

Ia mengatakan bahwa beberapa tempat ada yang sudah layak untuk kembali dibuka, salah satunya taman air Sabda Alam. Untuk memastikan tidak tersebarnya virus di tempat wisata, pihaknya juga bakal terus melakukan pemantauan melalui tim surveillance.

“Di sini (Sabda Alam, red) sudah ada gugus tugasnya, kita juga punya tim surveillance agar terus melakukan pemantauan,” katanya.

Sementara itu, Komisaris Sabda Alam Dr. H Amung Ma’mun mengatakan, bahwa saat ini merupakan kesempatan emas atas kepercayaan yang diberikan dari pemerintah daerah kepada para pengusaha tempat wisata, termasuk yang ada di kawasan Cipanas.

Baca Juga:PDI-P Kota Tegal Minta Usut Pembakar Bendera, Ribuan Kader Datangi MapolresSiap-siap Daftar, Persib Buka Lagi 3 Cabang Akademi

“Ini merupakan kesempatan emas, di mana penanganan (virus korona, red) di Garut sudah sangat bagus. Kami tentu dari Sabda Alam ingin memanfaatkan dengan baik, kami juga rindu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan,” katanya.

Ia mengungkapkan, selama tutup tiga bulan yang lalu banyak wisatawan lokal yang datang. Namun karena masa pandemi dan belum ada kebijakan untuk membuka maka pihaknya tetap belum bisa melayani.

0 Komentar