Beredar Kabar Bupati Garut Diserang DBD, Puluhan Warga Astanagirang Juga

0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Puluhan warga di Kampung Astanagirang, RW 3, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul diduga mengalami penyakit cikungunya dan demam berdarah dengue (DBD). Warga meminta Dinas Kesehatan Garut segera melakukam fogging atau pengasapan.

Kader Posyandu RW 3, Widaningsih, menuturkan, sebanyak 23 orang di empat RT mengalami sakit dengan gejala yang sama. Yakni gatal-gatal di sekitar kaki dan tangan, pusing, dan demam. Rata-rata warga juga tidak bisa berjalan lantaran kedua kakinya sakit.

“Ada 15 KK yang sakit dengan gejala hampir sama. Kakinya ada yang sampai bengkak. Paling banyak terjangkit ada di RT 1,” ucap Wida, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga:Desa di Jabar Mulai Terapkan Pembatasan Sosial Berskala MikroRidwan Kamil Tinjau Kesiapan PT KAI Hadapi AKB Transportasi

Wida mengaku tak tahu penyakit yang diderita warganya dalam kurun waktu bersamaan. Ia menduga, warganya terserang DBD dan Cikungunya karena ditemukan jentik nyamuk.

Wida berharap, Dinas Kesehatan Garut segera melakukan fogging untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk. Pasalnya sudah banyak warga yang terserang penyakit dari nyamuk.

“Kami minta segera fogging lah secepatnya. Sudah banyak warga yang sakit dan perlu penanganan biar tidak semakin menyebar,” katanya.

Ayi Firmansyah (40), tokoh pemuda setempat juga meminta untuk segera dilaksanakan fogging. Upaya itu harus cepat dilakukan demi mencegah penyebaran penyakit.

“Dari Puskesmas Pembangunan sudah datang memeriksa warga. Kami berharap bisa dilaksanakan fogging biar nyamuknya cepat teratasi. Masyarakat juga akan mengadakan gerakan bersih-bersih di lingkungan secepat,” ujarnya.

Tak hanya warga Kabupaten Garut yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Bupati Garut, Rudy Gunawan dikabarkan juga tengah sakit karena menderita DBD. Informasi soal Rudy yang tengah sakit beredar melalui pesan Whatsapp. Dalam pesan itu, Rudy dikabarkan sakit sejak Sabtu (30/5/2020) dan menderita panas karena gejala DBD.

“Ijin pelantikan teu janten kumargi pak Bupati ti dinten sabtu panas gejala DBD, Saur ajudan nyungkeun doa kanggo pak Bupati Rudy Gunawan, Ti dinten Sabtu keneh tos karaos panas katinggalna beliau DBD (ijin pelantikan tidak jadi karena pak bupati dari hari Sabtu panas gejala DBD, kata ajudan minta doa untuk pak Bupati Rudy Gunawan, dari hari Sabtu sudah terasa panas, sepertinya beliau DBD),” tulis isi pesan tersebut.

0 Komentar