Warga Limbangan Perketat Pendatang Masuk

0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Penjagaan jalan dan gang di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut diperketat warga. Penjagaan itu terpantau di Desa Limbangan Timur, setiap RW di sana membentuk posko penanganan pencegahan virus covid-19.

Relawan pun dibentuk dan mereka siap bertugas siang dan malam demi menjaga lingkungan dari bahaya virus mematikan itu. Posko salah satunya juga didirikan di kantor Desa Limbangan Timur.

“ Diperketatnya penjagaan dan pengawasan terhadap pendatang, terkait di Selaawi ada seorang yang positif terpapar virus korona. Antara Kecamatan Limbangan dan Selaawi berbatasan langsung, sehingga penjagaan dan pengawasan lebih diperketat. Relawan pun tak segan-segan mendata dan mengukur suhu badan pendatang, sebelum memasuki wilayah Desa Limbangan Timur,” kata Kades Limbangan Tmur Dede Sobarudin, Rabu (15/4/2020).

Baca Juga:Antisipasi Dini, Seluruh Warga Desa Pasirwangi Dicek Suhu TubuhPPKH Ciamis Donasikan 1000 Masker

Dede mengatakan, setiap pintu gerbang jalan desa dan gang di 16 RW, didirikan Posko Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Virus Korona. Para Ketua RT RW, kader Posyandu dan kalangan generasi muda proaktif menjadi relawan sebagai partsipasi aktif ikut mencegah penyebaran virus korona.

Menurutnya, pendatang dari manapun yang masuk ke Limbangan Timur termasuk pedagang akan diperiksa identitasnya dan ditanya tujuannya. Setelah diperiksa mereka juga diwajibkan mengenakan masker serta mencuci tangan, baru kemudian pendatang dipersilahkan masuk.

Untuk warga pribumi yang mengendarai motor atau mobil, diminta hanya menggunakan jalan satu jalur. Hal itu dilakukan agar pendatang bisa terdeteksi.

Sementara itu di Desa Galihpakuan, Kecamatan Limbangan, relawan juga siap memeriksa pendatang dan siap melakukan penyemprotan. Pendatang yang ingin memasuki desa itu, harus menjalani dulu pemeriksaan.

Setelah suhu badannya normal, mencuci tangan serta mengenakan masker portal jalan dibuka relawan dan dipersilahkan masuk.

Di lokasi berbeda di Kecamatan Leuwigoong, tim Posko Penanganan Korona bersama aparat dan personel Damkar, Rabu (15/4/2020) melakukan penyemprotan jalan-jalan umum. Sirine mobil damkar meraung-raung sebagai pertanda dilakukan penyemnprotan jalan termasuk jalan-jalan desa.(pap)

0 Komentar