oleh

Diduga Peninggalan Kerajan, Batu Susun Viral di Medsos

CIAMIS – Kabupaten Ciamis terdapat banyak peninggalan sejarah kerajaan Galuh. Mulai dari budaya seni dan lain sebagainya.

Sehingga tak heran jika di Kabupaten Ciamis pernah ditemukan situs yang diduga peninggalan sebuah kerajaan. Tepatnya di pinggi areal pesawahan, di lembah kaki Gunung Sawal yang terletak di Dusun Sukaraharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Situs serupa seperti susunan batu yang begitu rapih tersebut terletak lumayan cukup jauh dari sebuah pemukiman. Sekitar 2 Kilometer jika ditempuh dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak dari Dusun Selamaya, perbatasan antar Kecamatan Lumbung dan Kecamatan Kawali.

Cawing (33) warga setempat mengatakan, bahwa susunan batu tersebut sudah ditemukan sejak dahulu oleh warga setempat, namun baru-baru ini viral setelah di-upload ke media sosial.

“Waktu itu kebetulan saya sedang melakukan kerja bakti gotong royong untuk pembersihan saluran air, lalu saya uploud ke media sosial,” ujarnya (19/01/2020).

“Susunan batu yang begitu rapih dan tersusun dengan baik tersebut terletak di tanah pribadi asli milik warga setempat. Namun untuk penjelasan, datanya ada di Dinas Disbudpora Kabupaten Ciamis,” kata Cawing lagi.

Cawing menuturkan bahwa susunan batu yang diduga peninggalan sebuah Kerajaan tersebut dulunya terlihat jelas, namun seiring berjalannya waktu, sebagian susunan batu tersebut tertutup tanah. “Dan di atasnya ada sebuah pohon besar yang cukup rimbun,” ucapnya.

Namun demikian, keberadaan susunan batu tersebut masih menjadi misteri, apakah memang peninggalan kerajaan atau batu yang terbentuk oleh alam. (mg2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *